Rabu, 06 Maret 2013

Pelajaran dari semut



Aku adalah anak yg pintar. Aku pun sangat merasa paling pintar di sekolahan. Kemauan ku Aku pasti bisa ku dapatkan karena aku pintar. Seperti perhatian guru, banyak wanita yg mendekat, dan menjadi pusat pehatian. Oh iya aku belum memperkenalkan nama ku. Nama ku Boby Setiawan panggil saja boby atau professor cilik juga boleh. Setiap hari aku selalu berkecimbung dengan guru-guru. Biasa, mengenai penelitian. Banyak anak yang meminta di ajarkan pelajaran oleh ku. Akan tetapi aku tidak akan mau. Ku rasa itu hanya hal bodoh. Dan aku ngak ada waktu untuk itu. Setiap piket aku sangat enggan di suruh. Karena aku tidak suka di suruh apalagi di atur-atur. Karena aku merasa lebih terdidik dari mereka.
Sepulang sekolah aku menunggu jemputan sambil duduk di kursi. Dan tak sadar aku pun melihat banyak semut yang berbaris sambil berjalan. Dan kepala nya saling berbenturan setiap jalan. Aku pun hanya bisa senyum di dalam hati sambil berkata “BETAPA BODOHNYA MEREKA kerja kok pake otot”. Trus bertabrakan lagi. Kenapa mereka harus di ciptakan kalau hanya menjadi makluk yang bodoh seperti itu. Dan tidak sadar jemputan pun sudah datang. Saatnya pulang.
           Sesampai di rumah, badan letih tetapi kusempatkan untuk belajar lagi sendiri.Dan kali ini aku mau belajar Sosiologi. Dan lagi-lagi melihat mahluk bodoh dan konyol itu. “Semut semut (sambil meremehkan). “Ah sudahlah nggak usah di urus. “Mendingan aku baca buku sosiologi aja” gumamku. Dan aku menemukan salah satu kutipan yaitu “manusia adalah makhluk social” setelah membaca itu aku merasakan hal aneh. Tapi ya sudah aku lanjutkan membaca kembali. Tiba-tiba.. Oh Tuhan . tubuh ku mengecil. Tangan ku, kaki ku, semua badan ku mengecil. TIDAKKK . meja dan kursi pun menjadi sangat besar . karena saking kagetnya aku pun pingsan. tak lama kemudian ada grombolan bala tentara yg bertaring dan bermata tajam punnn membangun kan ku. ketika ku terbangunnn . seketika salah seorang tentara itu berkata ..”hai bunggg kami memperhatikan kelakuan mu setiap hari. ” Dengan wajah ceria .”siapa kaliannnnn”. tegas ku. “kami adalah makhluk bodoh dan konyol yg kau maksutt”sambil tertawa. Astagfirullah mereka adalah semuttttt .apa yang terjadi dengan ku?. “ikut kami jika ingin selamat”. Tutur salah seorang semut .dengan muka pasrah setengah takut dan penasaran dengan apa yg terjadi. aku ikuti saja apa yang mereka mau. Di tengah perjalanan ada sebuah gua .itu seperti pintu masuk dan kami pun memasukinya .setelah aku memasuki gua itu ,subhanallah .aku ngak pernah melihat kerajaan di bawah tanah ini. aku hanya bisa terkagum malu melihat semua ini ..arsitektur begitu alami akan tetapi begitu indah.tidak ku sangka makhluk konyol ini bisa melakukan hal se amazing ini. di pertengahan jalan aku pun menanyakan kepada salah satu semut di samping ku “mengapa kalian setiap jalan harus bertabrakan” tanyaku .dengan senyum lebar pun ia menjawab pertanyaan ku “kami sebenarnya bukan tabrakan ya akhi ,,,, akan tetapi kami mengucapkan salam terhadap siapa saja yang lewat di depan kami dan sekaligus menanyakan kabar bagi setiap yang lewat”. “untuk apa kalian melakukan hal itu “ tanyaku kembali .ia pun menjawab kembali “kami adalah makhluk social ,kami semua saudara ,kami saling terikat satu sama lain,dan kami pun tetap menjunjung tinggi ikatan silahturahmi kami ,seperti apa yang di suruh oleh rasulullah “ setelah mendengar hal itu aku pun terdiam sejenak ,dan mengingat bertapa egois dan tidak social nya diri ku .seharus nya aku malu kepada diri ku sendiri .seharus nya aku bisa belajar dari bangsa semut ini.tutur ku di dalam hati dan tidak lama kemudian suasana mejadi hening dan mencekam. dari ujung sana ada yg berteriak sambil berkata “BANJIR .air masukkkk air masukkkkkk .berlindung!!!!!!!” teriak nya dengan muka panik dan barisan yang awal nya rapi seperti peleton baris berbaris seketika kacau lari berhamburan. air pun datang dengan cepat nya menghampiri kami.seakan akan seperti ombak tsunami yang menerjang daratan. ketika air sudah menerjang mendekati kami .aku pun berteriak AaaaaAAaaaAaaAAaa!!!!!!!!!!!!!!! .seketika pun aku bangun dari tidur ku ..dengan rasa kaget, senang, heran aku pun bangun dari meja belajar dan loncat loncat ke girangan ternyata hanya mimpi .setelah aku kembali ke meja belajar ku .di selipan meja dan dinding meja datanglah segerombolan semut yang menghampiri ku .mereka seakan akan memberi salam kepada ku .lalu ku jawab dengan” waalaikum salam”walaupun kalian mengaggapku gila tapi aku merasa ini benar benar nyata.begitu banyak hal yg ku pelajari dari semut .terimakasih semut .semoga kita bisa bertemu kembali …… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar